Cara Melakukan Budi Daya Entok yang Benar

Cara Melakukan Budi Daya Entok yang Benar

Sebelum menggali lebih dalam tentang enton ada baiknya kita melakukan riset cara melakukan budi daya entok. Mengenai sifat entok pada umumnya, disebutkan bahwa ada beberapa hal yang memang perlu Anda perhatikan. Dalam hal ini, disebutkan bahwa entok mampu membuat sarang secara individu, bersifat mengerami telurnya, bersifat protective atas anak dari berbagai serangan atas hewan pemangsa dan memiliki sifat liar hingga sering kali didapati entok bertengger pada atas rumah.

Sedangkan untuk ciri-ciri entok itu sendiri, disebutkan bahwa kepala entok memiliki ukuran cukup besar dengan tekstur yang cukup kasar. Selain itu, entok juga memiliki bulu yang berlokasi di dekat kepala dan akan berdiri ketika mengalami gangguan. Tidak hanya itu saja, secara tampilan fisik, entok memiliki sebuah jambul merah yang cukup terang dengan pangkal paruh yang memiliki daging tumbuh. Dibandingkan dengan tubuhnya, ukuran paruh entok cenderung sempit, kecil dan juga pendek.

Lantas, permasalahannya bagaimana seseorang bisa membedakan antara entok jantan dan juga betina? Disebutkan bahwa untuk Anda yang berada di tempat jual bibit entok, akan mendapati adanya perbedaan yang cukup mencolok. Dalam hal ini, Anda bisa melihat jika entok jantan memiliki tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan betina. Pada entok jantan memiliki jengger dengan bentuk bulat dan dari segi frekuensi suara yang dihasilkan, entok jantan cenderung lebih keras dibandingkan dengan betina.

Manfaat yang didapatkan dari budi daya entok

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan budi daya entok, pastinya Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang tidak terduga. Dalam hal ini, manfaat tersebut berupa keuntungan yang cukup menggiurkan dengan biaya ternak entok yang terbilang tidak terlalu besar. Namun demikian, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dan berikut beberapa diantaranya.

  1. Untuk daging entok dipercaya memiliki kandungan protein yang sangat besar sehingga sangat tepat jika digunakan sebagai bagian cara memenuhi kebutuhan protein harian Anda
  2. Proses budi daya entok terbilang sangat mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak
  3. Kotoran dari entok bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organic dan sangat cocok untuk mendukung perkembangan tanaman
  4. Selain daging, telur entok juga memiliki nilai ekonomis yang bisa Anda jual di pasaran

Cara melakukan budi daya entok Hingga Panen

Sebelum melakukan budi daya entok, alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui tata cara yang benar. Hal ini penting untuk dilakukan demi memaksimalkan hasil ternak yang melimpah. Untuk itu, berikut ini beberapa yang harus Anda persiapkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk mengunjungi tempat yang jual bibit entok.

Lakukan pemilihan lokasi dengan benar

Untuk pertama kalinya, Anda harus memperhatikan pemilihan lokasi yang akan dijadikan tempat budi daya entok. Sekalipun entok terbilang sangat mudah untuk hidup di berbagai tempat, namun akan jauh lebih baik jika Anda kemudian menempatkan kandang entok di dekat parit, sungai atau persawahan. Tentu saja hal ini dilakukan tanpa terlepas dari siklus hidup entok yang selalu mencari makan di tempat yang becek dan berair.

Pertimbangkan mengenai tempat pakan dan juga minum

Selanjutnya, hal penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan dalam budi daya entok adalah wadah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat minum ataupun makan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan bekas wadah plastic berupa gallon, baskom ataupun jerigen yang tidak lagi terpakai. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan bamboo yang dibentuk sedemikian rupa.

Kandang bagi anak entok

Saat Anda memutuskan anak entok dipisahkan dari induknya, maka Anda harus membuat kandang tersendiri dengan memanfaatkan kayu ataupun bamboo. Untuk bagian alas Anda bisa memanfaatkan ram kawat kasa dengan lubang yang tidak terlalu besar ataupun kecil. Disebutkan bahwa kandang dengan ukuran 75 sampai 100cm dan tinggi kandang 75cm bisa diisi dengan 100 ekor anak entok.

Suhu udara di dalam kandang

Untuk menciptakan iklim yang kondusif, maka sangat disarankan untuk menggunakan pemanas suhu kandang yang memiliki kisaran antara 29,40 sampai 32,20 derajat celcius. Selanjutnya, di setiap minggu suhu diturunkan secara perlahan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan. Sekalipun demikian, pastikan Anda selalu memantau suhu tersebut terutama pada malam hari.

Pakan entok yang berkualitas

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam budi daya entok setelah Anda mendapatkan bibit entok dari pihak yang jual bibit entok, selanjutnya Anda disarankan untuk memilih pakan yang berkualitas. Di usia yang berbeda, entok memiliki kebutuhan pakan yang juga berbeda terkait dengan kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang. Pastikan Anda tidak memberikan pakan terlalu berlebihan ataupun kurang.

Sebagai contoh, jika entok masih berusia 1-2 minggu, Anda bisa memberikan makan berupa konsentrat starter. Sedangkan untuk minggu berikutnya, akan lebih baik jika Anda memberikan campuran konsentrat starter. Jika Anda telah memiliki indukan, maka pakan bisa diberikan dalam bentuk dedak, bekatul, jagung, sayuran dan lain sebagainya.

Lantas, dimanakah bisa mendapatkan bibit entok berkualitas?

Untuk peternak pemula yang ingin memulai ternak ayam joper bisa pesan lewat kami bisa klik di Jual Entok

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Itik_serati

Share on Facebook
Share on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©2019 Belajar Ternak. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Developed by ❤ AyamjoperID
 Digital Marketing Team