Cara Mudah Budi Daya Ayam Petelur Untuk Hasil Memuaskan

cara mudah budidaya ayam petelur

Sebelum memulai topik pembahasan kita ada baiknya kita mengetahui tentang cara ter-mudah untuk budi daya ayam petelur salah satunya dengan mempunyai lahan yang luas untuk hasil yang memuaskan. Budidaya ayam petelur di wilayah pedesaan, salah satu jenis peternakan unggas yang banyak digeluti dan terbilang sangat menguntungkan. Banyak alasan yang mendasari mengapa budi daya ayam petelur sangat diminati dan beberapa diantaranya adalah harga telur sendiri di pasaran terbilang cukup stabil dengan perawatan yang bisa dibilang sangat sederhana. Untuk menunjang keberhasilan budi daya ini, yang perlu dipersiapkan adalah bibit ayam dari orang yang jual ayam petelur.

Dengan memilih bibit yang unggul, Anda akan bisa mengembangkan budi daya tersebut dengan disertai perawatan yang intensif. Pemberian pakan yang teratur dengan takaran tepat serta pemenuhan gizi yang mencukupi juga harus diperhatikan. Tidak kalah pentingnya lagi, kebersihan kandang yang meliputi sirkulasi yang baik juga perlu diperhatikan. Melalui cara ini, Anda nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Seekor ayam petelur dipelihara dengan baik untuk tujuan menghasilkan telur. Diperkirakan bahwa satu ekor ayam setidaknya mampu menghasilkan telur sejumlah 200 butir dalam satu tahunnya. Merupakan angka yang sangat fantastis jika ayam tersebut dipelihara dengan sangat baik hingga mencapai usia afkir. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali masyarakat yang memutuskan untuk menjalani budi daya ayam petelur sebagai bagian dari usaha mereka.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa untuk budi daya ayam petelur ini memang ada tahapannya. Anda yang terbilang masih pemula tidak bisa serta-merta melakukan budi daya tersebut tanpa melalui tahapan-tahapan yang ada. Dalam hal ini, banyak sekali hal yang memang harus diperhatikan guna mendapatkan jumlah telur yang maksimal. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk budi daya ayam petelur.

Kenali Jenis Ayam Petelur Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan budi daya ayam petelur adalah dengan mengenali jenis ayam tersebut. Melalui cara ini, Anda akan bisa mendapatkan pengetahuan awal atas jenis ayam yang akan Anda pilih sebab yang demikian ini mempengaruhi kualitas telur yang dihasilkan. Selain itu, pengenalan ini juga nantinya akan menentukan harga jual di pasaran juga.

Ayam Petelur Putih Atau Ayam White Leghorn

  • Ayam Petelur Putih Atau Ayam White Leghorn

Ayam Petelur Putih Atau Ayam White Leghorn

Untuk jenis ayam petelur putih ini biasa menghasilkan telur yang berawarna putih. Secara umum, jenis ayam ini dikenal dengan sebutan ayam ringan. Sebutan ini diberikan karena berat badan ayam tersebut sangatlah ringan. Sayangnya, jenis ayam ini sangatlah sensitive dengan yang namanya suhu panas dan juga suara yang bising. Jenis bibit ayam ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di tempat jual ayam petelur.

  • Ayam Petelur Coklat Atau Ross Brown

Ayam Petelur Coklat Atau Ayam Ross Brown

Dikenal dengan sebutan ayam medium, tentu saja jenis ayam ini sangat berbeda dengan ayam petelur putih. Disebutkan bahwa ayam ini memiliki ciri berupa telur yang berwarna coklat, ukuran telur yang cenderung lebih besar dibandingkan jenis ayam petelur putih, bisa difungsikan sebagai ayam jenis pedaging dengan harga telur yang cenderung lebih mahal. Sayangnya, jenis ayam ini cukup sulit untuk ditemukan.

Ketahui tentang bibit ayam adalah cara mudah budi daya ayam petelur

Selanjutnya, hal yang perlu Anda perhatikan dalam memelihara ayam petelur adalah dengan memilih bibit ayam itu sendiri. Secara umum, bibit ayam bisa didapatkan dengan melakukan penetasan sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bibit tersebut dari petani ayam petelur. Pastikan kualitas dalam memilih bibit dengan mempertimbangkan indukan yang berkualitas, fisik yang bagus, tidak cacat dan berat yang seimbang.

Cara mudah Pembuatan kandang

Tentu saja dalam pemeliharaan ayam petelur, Anda juga harus memperhatikan yang namanya kandang. Untuk diperhatikan bahwa ukuran kandang sangat menentukan jumlah ayam yang akan dipelihara. Sedangkan untuk jenis kandang tersebut pada dasarnya ada dua, yaitu kandang umparan atau koloni yang merupakan kandang dimana ayam akan ditempatkan dalam suatu wadah besar. Selanjutnya, ada kandang baterai yang akan ditempati beberapa ekor ayam saja.

Cara pemilihan tempat budidaya ayam petelur yang tepat

Untuk menunjang keberlangsungan budi daya ayam yang baik, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan tempat. Pastikan Anda memilih tempat yang jauh dari pemukiman, mudah dijangkau dan pastinya lokasinya yang tetap. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran ayam yang terlalu menyengat dan menghindari stress pada ayam akibat suara gaduh yang disebabkan oleh aktivitas masyarakat.

Pemberian pakan

Dalam budi daya ayam petelur, selain memperhatikan jenis benih yang didapatkan di tempat jual ayam petelur, Anda juga harus memperhatikan masalah pakan. Disebutkan bahwa ayam petelur memiliki pakan berupa sentrat, jagung dan juga tepung ikan. Pastikan Anda memberikan pakan tersebut secara teratur dengan kecukupan nutrisi yang selalu terpenuhi setiap harinya. Pemberian pakan di awal fase kehidupan di kandang dilakukan 3 kali dalam sehari.

Pemberian minum

Tidak kalah pentingnya lagi dalam budi daya ayam petelur bahwa Anda juga harus memperhatikan pemberian minum. Dikatakan bahwa untuk jenis minum ini harus dicampur dengan obat anti stress sekaligus gula. Pemberian obat anti stress dilakukan guna mencegah pskologis ayam yang berpindah tempat. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan penurunan produktivitas ayam dalam menghasilkan telur.

Melalukan perawatan dengan baik

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam budi daya ayam petelur adalah dengan melakukan perawatan yang baik. Perawatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya permasalahan yang serius. Untuk perawatan sendiri bisa dilakukan dengan cara vaksinasi sekaligus juga menjaga kebersihan dari kandang itu sendiri.

Kebersihan dari lahan

Untuk kebersihan kandang dilakukan dengan membersihkan tempat pakan sekaligus juga tempat air minum. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kesehatan ayam petelur yang sentiasa tetap terjaga. Tidak hanya itu saja, Anda harus membersihkan kotoran ayam juga. Sering kali hal ini disiasati dengan membangun kolam ikan sehingga kotoran ayam secara langsung akan jatuh pada kolam ikan dan menjadi makanan bagi ikan.

Vaksinasi yang teratur

Tindakan vaksinasi dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh ayam terhadap penyakit. Untuk vaksinasi dan penambahan vitamin itu sendiri bisa dilakukan dengan cara menambahkan vitamin pada pakan ayam. Lakukan juga pemeriksaan ayam secara rutin untuk menghindari adanya ayam yang sakit hingga menyebabkan produksi telur berkurang. Lakukan pemisahan pada ayam yang terkena penyakit dengan sehat agar tidak menular kepada ayam lainnya.

Proses panen

Ketika bibit ayam yang Anda dapatkan di tempat jual ayam petelur tersebut telah mencapai usia tertentu, maka ayam akan menghasilkan telur dalam jumlah tertentu. Sedangkan untuk waktu panen bisa dilakukan setidaknya 3 kali dalam satu hari. Pastikan Anda memilih telur yang berkualitas dengan memilih telur normal dan abnormal dari sisi ukuran yang sesuai permintaan pasar. Dikatakan normal jika telur tersebut memiliki bentuk oval, bukan penyet.

Lantas, dimana mendapatkan benih bibit dan pullet ayam petelur?

Untuk peternak pemula yang ingin memulai ternak ayam petelur bisa pesan lewat kami bisa klik di Jual Ayam Petelur

Referensi : https://id.wiktionary.org/wiki/ayam_petelur

Share on Facebook
Share on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©2019 Belajar Ternak. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Developed by ❤ AyamjoperID
 Digital Marketing Team