Dibalik Manfaat Telur Ayam Arab Bagi Kesehatan Pria

dibalik manfaat telur ayam arab

Saat ini banyak sekali jenis ayam yang dibudidayakan untuk diambil manfaatnya, apakah itu berupa daging ataupun telur. Dibalik manfaat telur ayam arab, tentu saja dibalik manfaat telur ayam arab setiap ayam memiliki karakteristik tersendiri untuk kemudian dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses budi daya. beberapa jenis ayam yang menarik untuk dibudi dayakan adalah ayam joper, ayam petelur hingga ayam pedaging. Dari sekian banyaknya, ada juga jenis ayam Arab yang bibitnya bisa Anda dapatkan di tempat jual ayam Arab.

Bagi Anda yang tidak pernah mendalami dunia perternakan dan tidak mengetahui dibalik manfaat telur ayam arab, pastinya akan cenderung aneh mendengar nama ayam Arab. Namun demikian, hal ini tidak bagi mereka yang memang sering bergelut dalam dunia peternakan. Dalam hal ini, ayam Arab cenderung memiliki nilai plus tersendiri ketika dibudi dayakan. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali orang yang berinisiatif membudi dayakan ayam Arab tersebut.

Dibalik Manfaat Telur Ayam Arab, apa ayam Arab itu?

Meskipun namanya ayam Arab, siapa sangka jika ayam ini ternyata berasal dari wilayah jazirah Arab. Bagaimana bisa? Disebutkan bahwa para jamaah haji akan membawa beberapa butir telur dari Arab untuk dibawa pulang ke Indonesia. Selanjutnya, telur tersebut diproses hingga akhirnya menetas dalam bentuk ayam Arab. Namun demikian, ada beberapa pendapat yang mengungkapkan jika ayam Arab ini merupakan keturunan ayam brakel kriel-silver yang berasal dari Belgia.

Secara fisik, ayam Arab ini sangat mudah untuk dikenali karena bulunya yang terlihat unik dengan warna putih mengkilap pada bagian leher dan memiliki bintik hitam pada bagian punggung. Untuk bagian ekor ayam memiliki warna hitam dan juga putih dan sayap berupa warna hitam yang didominasi dengan garis warna putih. Pada bagian jengger berwarna merah muda dengan bagian pinggir mata berwarna kuning.

Untuk ciri lain yang bisa dikenali dari ayam Arab ini adalah pada usia 1 minggu, jenis pejantan akan tumbuh jengger. Sedangkan untuk ayam Arab betina tidak memiliki sifat mengeram. Secara umum, ayam Arab jantan ini memiliki tinggi 35 cm dengan berat yang mencapai 1.5 hingga 2kg sedangkan ayam Arab betina ukurannya lebih kecil. Dalam setiap harinya, ayam betina akan menghasilkan telur yang memiliki nilai jual cukup baik di pasaran.

Terkait dengan kemampuannya dalam menghasilkan telur, ayam Arab yang bibitnya didapatkan di tempat jual ayam Arab ini akan mampu menghasilkan telur sebanyak 250 hingga 260 butir setiap tahunnya dengan berat per butirnya mencapai 40 hingga 45 gram. Menariknya lagi, pemeliharaan yang intesif memberikan berat kuning telur mencapai 53.2% dibandingkan dengan berat keseluruhannya.

Secara genetic, jenis ayam ini dianggap ayam buras unggul sebab adanya kemampuan dalam menghasilkan jumlah telur yang cukup banyak. Tidak mengherankan jika kemudian banyak masyarakat yang melakukan budi daya ayam Arab ini untuk diambil telurnya, bukan dagingnya. Hal ini disebabkan oleh warna kulit ayam Arab yang kehitaman sehingga sebagian besar masyarakat kurang begitu menyukainya.

Keunggulan dari ayam Arab

Setidaknya ada berbagai alasan mengapa banyak orang yang kemudian memutuskan memelihara ayam Arab sebagai bentuk usaha kecil mereka. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari keunggulan ayam Arab tersebut. Selain menghasilkan telur yang jumlahnya cukup mengagumkan, beberapa keunggulan ayam Arab diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk harga bibit ayam Arab atau DOC cenderung terjangkau dibandingkan dengan ayam biasa, dengan perkiraan mencapai Rp 3,500 per ekor dan pastinya sudah diberikan vaksin mareks
  2. Memiliki berat telur yang mencapai kisaran antara 3.5 hingga 42.5 gram
  3. Adanya variasi warna kerabang telur yang mencangkup putih, kuning dan kecoklatan
  4. Harga induk ayam terbilang sangat tinggi dengan kisaran yang mencapai Rp 40,000
  5. Konsumsi pakan cenderung kecil karena jenis ayam Arab ini termasuk jenis yang kecil
  6. Memiliki daya seks yang sangat tinggi bagi pejantan dengan 3 kali kawin dalam 15 menit
  7. Memiliki masa bertelur panjang bagi ayam betina mengingat tidak adanya sifat mengeram
  8. Dapat digunakan untuk memperbaiki genetic pada ayam buras

Dibalik manfaat telur ayam arab

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa banyak orang yang memelihara ayam Arab dengan membeli dari tempat jual ayam Arab terpercaya untuk diambil telurnya saja. Alasan ini dilakukan mengingat telur ayam Arab memiliki banyak sekali keunggulan dan pastinya juga berbeda dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari jenis telur ayam Arab yang banyak di dapatkan di pasaran.

Memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi

Salah satu manfaat dari telur ayam Arab adalah kandungan gizi yang sangat tinggi. disebutkan bahwa dalam satu butir telur ayam Arab memiliki kandungan protein, karbohidrat, omega 3, vitamin, kolin, kalsium, betakaroten, fosfor dan juga karitenoid. Oleh sebab itu, sangat cocok jika telur ayam Arab ini dijadikan sebagai konsumsi dalam pemenuhan kebutuhan gizi setiap harinya.

Memperbaiki permasalahan sel tubuh

Dengan banyaknya kandungan bermanfaat yang terdapat dalam telur ayam Arab, disebutkan bahwa kandungan tersebut akan membantu dalam memperbaiki adanya gangguan pada sel tubuh yang rusak. Tidak hanya itu saja, pengkonsumsian telur ayam Arab pada anak yang dalam usia perkembangan juga dianggap sangat baik untuk menunjang perkembangan sel otak untuk menjadi lebih baik.

Menjaga kesehatan kulit

Dikatakan bahwa telur ayam Arab sangat kaya akan kandungan vitamin A, sehingga kandungan tersebut tentunya sangat bagus untuk menunjang kesehatan mata Anda. selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat dalam menjaga kulit dari paparan radiasi sinar UV yang berlebih. Jadi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa dengan rutin mengkonsumsi telur tersebut.

Menjaga kesehatan peredaran darah

Manfat lain yang didapatkan dengan mengkonsumsi telur ayam Arab yang didapatkan dari peternak ayam Arab yang benihnya dari tempat jual ayam Arab ini akan membantu dalam meningkatkan kinerja sistem peredaran darah menjadi lebih baik. melalui sistem peredaran darah yang bagus, Anda akan terhindar dari permasalahan anemia sekaligus juga mampu menyuplai darah yang kaya oksigen ke otak. Melalui cara ini, Anda akan terhindar dari gangguan konsentrasi saat bekerja.

Kaya akan kandungan antioksidan

Menariknya lagi, telur ayam Arab ini juga dianggap sangat kaya akan kandungan antioksidan. Tentu saja hal ini nantinya akan membantu dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit seperti halnya kanker ataupun penuaan dini. Bahkan, antioksidan ini juga akan membantu dalam menangkal permasalahan radikal bebas yang sering kali menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Lantas, dimana mendapatkan benih bibit Ayam Arab?

Untuk peternak pemula yang ingin memulai ternak ayam petelur bisa pesan lewat kami bisa klik di Jual Ayam Arab

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_arab

Share on Facebook
Share on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©2019 Belajar Ternak. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Developed by ❤ AyamjoperID
 Digital Marketing Team