Hal yang Perlu Diperhatikan Ternak Bebek Pedaging dan Petelur

hal yang perlu diperhatikan ternak bebek, Apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis peternakan unggas saat ini? Untuk kali ini, Anda bisa memilih beternak bebek yang pastinya akan memberikan untung besar jika digeluti dengan sungguh-sungguh. Disebutkan bahwa ada dua jenis bebek yang bisa dijadikan sebagai ternak, yaitu bebek pedaging dan juga bebek petelur. Untuk pertama kalinya, Anda harus memilih tempat jual bibit bebek petelur & pedaging yang berkualitas dan terpercaya di kota Anda.

Keputusan untuk memilih antara bebek pedaging dan petelur memang harus diperhatikan dengan baik dan disesuaikan dengan prospek di masa yang akan datang dan hal yang perlu diperhatikan ternak bebek. Kedua jenis bebek ini pada hakikatnya banyak dicari oleh konsumen di luar sana. Akan tetapi, tidak mungkin jika Anda kemudian memutuskan memilih kedua jenis bebek tersebut dalam sekali budi daya. Berikan fokus yang lebih pada salah satu jenis guna mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Antara bebek pedaging dan petelur

Bagi Anda yang masih awam dengan kedua jenis ini, penting sekali mengetahui perbedaan diantara keduanya. Untuk jenis bebek pedaging yang lebih sering diminati oleh pasar adalah bebek hibrida ataupun bebek peking. Selain perawatannya yang cenderung sangat mudah, bebek ini memiliki cita rasa yang sangat menggoda dengan dagingnya yang sangat gurih. Terlebih lagi bebek yang masih muda terbilang memiliki gizi yang lebih tinggi dengan dagingnya yang juga empuk.

Jika Anda memutuskan memilih bibit bebek pedaging, Anda akan bisa melakukan penen pada usia 40 hari dengan berat bebek rata-rata adalah 1,5kg. bisa dibilang dalam waktu yang sangat singkat, Anda sudah mendapatkan banyak keuntungan atas penjualan bebek pedaging yang cenderung cukup mahal di pasaran. Menariknya lagi, bebek tersebut tidak hanya diambil dagingnya saja, bahkan kotorannyapun juga bisa dijual dalam bentuk rupiah.

Di lain sisi, jika Anda berkeinginan untuk budi daya ternak bebek petelur, maka Anda juga perlu memperhatikan kualitas benih. Dengan mendapatkan di tempat jual bibit bebek petelur & pedaging terpercaya, Anda akan bisa memulai berternak bebek petelur ini. Beberda dengan bebek pedaging, untuk bebek petelur notabene akan bisa memproduksi telur setelah bebek berusia 5-6 bulan. Tentu saja produksi telur akan terus berlangsung hingga mencapai kisaran 2-3 tahun lamanya.

Secara umum, ada berbagai jenis bebek petelur yang sering kali diternakkan oleh masyarakat untuk diambil telurnya. Dalam hal ini, itik albino, itik mojosari, itik magelang itik cihateup hingga itik tegal adalah beberapa jenis yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Beberapa jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang memang perlu Anda pahami dengan baik sebelum menentukan jenis itik untuk dipelihara demi mendapatkan telurnya.

Hal yang perlu diperhatikan ternak bebek

Dikatakan bahwa untuk memulai berternak bebek pedaging dan juga petelur, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang nantinya akan menyangkut kualitas hidup bebek dalam menghasilkan telur sekaligus juga daging yang bagus. Untuk lebih jauh, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses ternak bebek petelur dan pedaging.

Perhatikan lokasi ternak tersebut

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam memulai untuk beternak bebek adalah dengan memilih lokasi yang bagus dan pastinya jauh dari perkampungan. Yang demikian ini dilakukan mengingat kotoran bebek cukup menyengat. Pastikan juga tempat tersebut cukup rindang dan juga tenang sehingga akan menghindarkan bebek dari permasalahan stress yang berakibat pada penurunan kualitas panen bebek tersebut.

Pertimbangkan masalah sanitasi dan kandang

Selanjutnya, hal penting yang perlu diperhatikan adalah masalah sanitasi dan juga kandang. Pastikan Anda menjaga kebersihan kandang juga sehingga bebek tidak mudah terserang penyakit sekaligus produksi telur dan daging akan semakin lancar. Pastikan juga kandang tersebut memiliki pencahayaan yang bagus pula dengan sirkulasi udara yang tidak tertutup. Melalui cara ini, maka bebek akan bisa berkembang lebih baik.

Untuk menghindari kandang bebek yang lembab, maka Anda harus memberikan jerami pada bagian dasar kandang untuk menyerap air. Tidak hanya itu saja, Anda juga diperkenankan untuk mendesain kandang sedemikian rupa dan pastinya memberikan ruang gerak yang cukup luas guna membuat bebek bisa bergerak dengan bebas.

Pemilihan bibit bebek

Saat Anda memutuskan untuk membeli bibit bebek di tempat jual bibit bebek petelur & pedaging, pastikan juga Anda mendapatkan bibit yang terbaik. Dikatakan terbaik jika bibit tersebut tidak mengalami sakit, cacat dan juga memiliki pergerakan yang cukup aktif. Bayangkan saja jika Anda mengabaikan hal tersebut dan pada saat benih bebek tiba di rumah dan didapati beberapa diantaranya lemas tidak berdaya, sudah pasti akan mempengaruhi kualitas hidup jika tidak ditangani dengan segera.

Untuk bibit yang baik memiliki kriteria seperti halnya berat yang mencapai minimal 40gram, memiliki nafsu makan yang besar, tubuh yang tegap dan memiliki bulu bagus, kering dan bersih. Pastikan juga kesehatan mata untuk tidak memilih benih yang buta ataupun benih dengan mata tertutup sebelah.

Mengenal berbagai jenis penyakit yang diderita oleh bebek petelur dan pedaging

Bagi Anda yang telah mendapatkan benih bebek di tempat yang jual bibit bebek petelur & pedaging, kini saatnya Anda juga harus mengenal berbagai jenis penyakit yang sering kali diderita oleh bebek. Disebutkan bahwa penyait tersebut pada hakikatnya disebabkan oleh adanya bakteri, virus ataupun protozoa yang masuk pada makanan ataupun minuman. Dalam hal ini, beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit duck cholera

Jenis penyakit ini terbilang sangat sering ditemukan pada bebek pedaging dan petelur. Disebabkan oleh bakteri Pasteurela avicida, penyakit ini ditandai dengan adanya bebek yang mencret dengan tinja yang berwarna hijau dan diikuti oleh kondisi lumpuh. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan suntikan penisilin sekaligus pembersihan pada kandang dengan teratur. Penyuntikan penilisin dilakukan pada bagian daging dada dengan merujuk pada dosis yang sesuai.

Penyakit salmonellosis

Untuk penyakit slamonellosis ini disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan sebutan typhimurium. Sedangkan untuk gejala yang ditimbulkan berupa sesak nafas dan diikuti dengan mencret. Menghadapi permasalahan tersebut, Anda bisa membersihkan kandang dengan menyediakan sanitasi yang baik sekaligus memberikan pengobatan melalui furazolidone yang dicampurkan pada pakan bebek. Alternative lain, Anda bisa menggunakan sulfadimidin dan dicampurkan pada air minum bebek.

Dimana mendapatkan benih bebek petelur dan pedaging yang berkualitas?

Untuk peternak pemula yang ingin memulai ternak ayam petelur bisa pesan lewat kami bisa klik di Jual Bebek Petelur dan Pedaging

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Bebek

Share on Facebook
Share on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©2019 Belajar Ternak. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Developed by ❤ AyamjoperID
 Digital Marketing Team