Ternak Ayam Petelur Rumahan Tanpa Kandang dengan Sistem Umbaran

ternak ayam petelur rumahan

Belajarternak.com,Kediri ternak ayam petelur rumahan tanpa kandang ternyata sangat diminati dikalangan masyarakat indonesia, ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat pedesaaan yang mayoritas ternak secara umbaran atau tanpa kandang dan dilepas dengan aturan tertentu.

Ayam petelur adalah jenis ayam yang secara khusus dibudidayakan secara massal dengan tujuan diambil telurnya untuk kepentingan komersial.

Untuk mendapatkan telur ayam dengan kualitas tinggi dan sehat, berikut ini Belajarternak.com sudah merangkum mengenai cara ternak ayam petelur tanpa kandang yang baik dan benar.

Ternak Ayam Petelur Rumahan Tanpa Kandang

Ada beberapa cara ternak ayam petelur yang dapat diterapkan untuk produksi telur yang lumayan banyak diantaranya yaitu :

Ternak ayam petelur dengan metode umbaran

ternak ayam petelur dengan metode umbaran
Ternak Ayam Petelur dengan Metode Umbaran

Hal pertama yang sangat mudah dilakukan adalah dengan mengumbar atau melepaskan ayam petelur dengan kata lain tidak perlu kandang, ayam secara bebas kita lepaskan. Untuk metode ini kita hanya pelu menyediakan kandang minimalis yang digunakan ayam untuk pulang dan berteduh dari panas matahari hujan hingga tempat untuk menetaskan telurnya.

Cara ini lebih dianjurkan dilakukan di daerah pedesaan, karena rata-rata rumah di daerah pedesaan mempunyai lahan yang masih cukup luas dan perlu membuat pagar yang mengelilingi lahan kita agar ayam kita tidak hilang atau dicuri orang lain.

Kelebihan dari cara ternak ayam petelur rumahan ini ialah peternak bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena bisa menekan biaya pakan karena mendapat makanan dari alam bebas.

Setelah membahas dari kelebihan metode tersebut, tentu ada kekurangan dari ternak ayam petelur rumahan dengan menggunakan metode ini salah satunya ayam lebih liar dan terkadang tidak mau mmasuk dalam kandang.

Ternak ayam petelur dengan metode semi umbaran

ternak ayam petelur dengan metode semi umbaran
Ternak Ayam Petelur dengan Metode Semi Umbaran

Dengan sistem semi umbaran ini hampir sama dengan pembahasan sebelumnya, namun cakupan lahan untuk mengumbar ayam semakin diperkecil, dengan tujuan tidak banyak bergerak dan menghasilkan telur yang lebih banyak tentunya.

Dengan metode semi umbaran ini ayam juga membutuhkan kandang untuk tempat berlindung serta tempat untuk bertelur, jika menggunakan sistem ini disarankan menempatkan ayam jantan lebih banyak. Namun kekurangan dari metgode semi umbaran ini ialah perlu lebih banyak menyediakan makanan dibanding metode umbaran karena ruang lingkup ayam tidak terlalu luas.

Kondisi yang Perlu Diperhatikan dalam ternak ayam petelur rumahan

Ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan saat memelihara ayam petelur rumahan. Mulai dari makanan, kebersihan hingga vaksin. Hal ini membuat ayam petelur lebih kebal terhadap berbagai penyakit dibandingkan yang tidak menggunakan vaksin.

Adapun hal – hal berikut ini yang harus kamu perhatikan saat ternak ayam petelur.

1. Makanan

kendati dalam sistem umbaran ini ayam petelur bisa mencari makan sendiri, alangkah baiknya kita memberi makanan mereka secara teratur dan menyehatkan walau agak sedikit porsinya.

2. Kebersihan

Kandang tempat berlindung ayam juga harus secara berkala dibersihkan agar ayam petelur tidak mudah terserang penyakin yang menghambat proses produksi telurnya.

3. Memilah bibit unggul

Sebaiknya pisahkan bibit ayam petelur yang cacat dengan yang unggul agar proses pertumbuhan bibit unggul tidak terganggu dengan ayam yang cacat.

4. Penjualan telur dari ayam petelur

Hal terakhir adalah penjualan telur dari ayam petelur, kamu bisa menjual telurnya ke pasar maupun toko terdekat, bukan hanya telurnya saja yang bisa dijual namun daging ayam petelur juga bisa dijual dengan nama karkas, walaupun tekstur dagingnya agak keras tetapi karkas populer di penjual nasi goreng.

Sekian beberapa informasi mengenai ternak ayam rumahan tanpa kandang menggunakan sistem umbaran, jika kamu peternak ayam pemula dan kebingungan ingin mencari bibit unggul dari ayam petelur kamu bisa mengunjungi halaman kami Jual Ayam Petelur.

Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Free_range

Share on Facebook
Share on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©2019 Belajar Ternak. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Developed by ❤ AyamjoperID
 Digital Marketing Team